6 Cara Ampuh Menggunakan Kartu Kredit dengan Lebih Aman

Sering ya rasanya mendengar kasus-kasus penipuan yang nampaknya semakin hari semakin kreatif, dan semakin marak terjadi. Hal ini bisa menjadi peringatan bagi kita untuk lebih waspada, karena bentuk penipuan ini bisa terjadi dalam aktivitas apapun yang kita pakai, termasuk dalam berbelanja. Anda pasti juga sudah tahu beberapa kasus tentang penipuan saat berbelanja online maupun di toko yang mengatasnamakan orang lain, bukan? Biasanya penipuan jenis ini berupa seseorang yang berbelanja menggunakan kartu kredit Anda, sehingga pada akhirnya Anda lah yang harus membayar seluruh tagihan. Menyebalkan sekali, bukan?

Menanggapi hal tersebut tentunya diperlukan sifat awas dan proaktif terhadap potensi-potensi kasus kejahatan sehingga tidak menimpa Anda. Berikut kami akan rangkumkan 6 cara ampuh menggunakan kartu kredit dengan lebih aman:

  1. Gunakan Nomor Pin
    Untuk menambahkan proteksi pada kartu Anda, tambahkan pin pada kartu sehingga kartu tidak bisa dipakai oleh sembarangan orang. 

     
  2. Tanda Tangani Bagian Belakang Kartu
    Saat Anda telah menerima kartu kredit, pastikan Anda menandatangani kartu tersebut pada bagian belakang kartu. Hal ini berguna saat berbelanja di toko, petugas kasir biasanya akan mencocokkan tanda tangan di bukti pembayaran dengan kartu kredit Anda. 

  3. Lindungi Informasi Pribadi Kartu
    Jangan sembarangan berbagai informasi pribadi dalam kartu kepada orang-orang di sekitar, salah-salah kartu Anda malah bisa dibelanjakan oleh oknum tidak bertanggungjawab. Ada beberapa hal utama yang harus dilindungi kerahasiannya:

    1. Nama pemegang kartu
    2. Nomor kartu
    3. Nama bank penerbit
    4. Tanggal kedaluwarsa kartu (expiry date), serta
    5. CVV number: 3 angka unik di belakang kartu
      Tutuplah kode CVV Anda, serta jangan pernah memfoto-kopi bagian belakang kartu kredit Anda. Jika sangat perlu, tutuplah bagian 3 digit tersebut.
       
  4. Jangan Sampai Lupa / Meletakkan Kartu Sembarangan
    Selalu simpan kartu kredit Anda di tempat yang aman, dan jangan sampai kehilangan fokus saat sedang menggunakan kartu kredit. Jaga selalu kartu kredit Anda, sebab bagaimanapun proteksi ganda yang Anda lakukan pada kartu kredit, tidak akan ada gunanya jika Anda lengah. Di beberapa toko, petugas kasir yang kurang teliti terkadang tidak memeriksa dan mencocokkan ulang nama pemilik kartu dan KTP pelanggan, serta tidak mencocokkan tanda tangan di kartu dan bukti pembayaran. Jadi, perlindungan utama pada kartu kredit memang terletak pada kesadaran diri Anda sendiri. 

     
  5. Pastikan Berbelanja di Situs yang Metode Pembayaran Kartu Kreditnya Sudah Terpercaya
    Hal ini berlaku bagi Anda yang sering melakukan belanja online, dengan segala kemudahan serta banyaknya harga yang seringkali lebih miring daripada di toko konvensional, banyak orang yang mengandalkan online marketplace. Bagi Anda yang gemar menggunakan kartu kredit untuk berbelanja barang, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu apakah toko tersebut sudah terpercaya kredibilitas metode pembayaran dengan kartu kreditnya. Bukan tidak mungkin kasus penipuan muncul dari aktivitas berbelanja, data Anda bisa diambil dan malah disalahgunakan oleh pelaku kejahatan. 

Jika pada akhirnya kartu Anda sudah terlanjur kebobolan dan dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, maka diperlukan tindakan-tindakan utama. Simak langkah-langkah yang harus Anda lakukan saat kartu kredit dibobol di sini.