Jenis Pinjaman Apa yang Cocok untuk Saya?

Seperti yang sudah diketahui secara umum, seseorang dapat mengajukan pinjaman ke bank untuk mendukung dana yang dibutuhkannya. Kondisi ini misalnya ketika ia membutuhkan dana pinjaman sebagai modal usaha, biaya kesehatan, pernikahan, maupun kebutuhan lainnya. Untuk mendapatkan pinjaman ini, bank menawarkan beberapa opsi misalnya dengan pinjaman berupa jaminan serta pinjaman yang tanpa agunan. Apa saja perbedaannya? Mari kita bahas bersama.  


Beberapa waktu lalu kita pernah membahas mengenai pinjaman/kredit tanpa agunan (biasa disebut KTA) beserta keuntungannya, pinjaman jenis ini adalah produk perbankan yang memberikan pinjaman kepada nasabah tanpa adanya aset yang dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut. Sedangkan pinjaman dengan agunan berarti pinjaman yang diberikan oleh bank kepada nasabahnya dengan persyaratan berupa menyerahkan aset sebagai jaminan. Aset yang bisa dijadikan pinjaman misalnya surat tanah, bangunan, BKPB kendaraan, dsb.  


Perbedaan antara Keduanya

Kedua jenis pinjaman ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Salah satu keuntungan KTA adalah Anda tidak perlu memberikan aset yang telah Anda miliki kepada pihak bank. Bila dilihat dari segi suku bunga, biasanya kredit dengan jaminan bisa lebih rendah daripada KTA. Namun, hal ini dikembalikan lagi dengan tiap penawaran yang diberikan oleh masing-masing bank. Jangka pinjaman yang bisa didapatkan dengan menggunakan kredit dengan jaminan juga cenderung lebih panjang, serta nominal pinjaman pun bisa lebih banyak dibanding mengajukan KTA. Untuk lebih ringkasnya, mari simak tabel berikut:

Tabel 1: Perbedaan KTA dan Kredit dengan Jaminan

Tabel 1: Perbedaan KTA dan Kredit dengan Jaminan

Jenis Mana yang Lebih Mudah Didapatkan?

Tidak ada kepastian mengenai jenis pinjaman yang mana yang lebih mudah didapatkan, sebab bank akan kembali berpatokan pada hasil IDI Historis Anda. Fungsi IDI Historis adalah agar lembaga keuangan seperti bank tempat Anda mengajukan pinjaman, dapat mengetahui apakah pembayaran pinjaman Anda di masa lalu lancar atau pernah bermasalah.

Maka dari itu, Anda sendiri pun harus memastikan bahwa tidak ada sisa kredit yang masih tertunggak sehingga membuat hasil IDI Historis Anda menjadi buruk. Jika Anda masih belum yakin mengenai hasil IDI Historis yang Anda miliki, ada baiknya jika mengajukan permintaan IDI Historis Anda.

 

Mana yang Lebih Baik untuk Saya?

Hal ini dikembalikan lagi pada kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkan dana segar dalam jumlah yang cenderung besar sekali, maka akan lebih baik untuk mengajukan kredit dengan jaminan. Namun, jika Anda merasa tidak nyaman dengan menjaminkan aset yang telah dimiliki untuk mendapatkan pinjaman maka Anda bisa memilih KTA. Begitu juga dengan suku bunga pinjaman, pinjaman KTA memiliki suku bunga yang lebih stabil dan tetap selama masa kredit. Di sisi lain, pinjaman dengan jaminan tergantung pada jenis agunan, ada yang fluktuatif ada yang konsisten.  

 

Pada akhirnya jenis pinjaman memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri-sendiri. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengambil keputusan, yakni:

  1. Selalu ajukan pinjaman ke bank, hindari melakukan pinjaman pada rentenir maupun pinjaman online. Selain bunga yang cenderung lebih besar, ada juga faktor keamanan yang perlu dipertimbangkan.  

  2. Pikirkan kembali kebutuhan Anda saat ini dan kemampuan untuk membayar di masa depan. Jika salah langkah, yang ada Anda malah tidak mampu membayar dan nilai IDI Historis Anda menjadi buruk dan dianggap tidak cukup kredibel di masa yang akan datang.  

  3. Pertimbangkan tawaran pinjaman dari beberapa bank. Biasanya setiap bank memiliki promosinya sendiri-sendiri, Anda perlu mempertimbangkan bank mana yang dirasa menawarkan program yang lebih menarik bagi Anda.

 

Tidak perlu terburu-buru untuk memutuskan jenis pinjaman serta program pinjaman dari bank mana yang harus Anda ambil. Ingatlah bahwa keputusan yang Anda ambil akan menjadi komitmen untuk masa mendatang, agar Anda tidak berujung menjadi terlilit hutang pada akhirnya.