Menggunakan Kartu Kredit dengan Lebih Tepat

Menggunakan kartu kredit saat ini telah menjadi salah satu opsi yang paling digemari. Hal ini disebabkan karena transaksi lebih mudah dalam sekali gesek, orang tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar, dan Anda bisa menyicil pembayaran. Apalagi sering sekali kita temui di pusat perbelanjaan besar selalu ada diskon atau promosi spesial yang diberikan bagi para pengguna kartu kredit. Menyenangkan sekali bukan?  

Picture credit to: www.credit.com

Picture credit to: www.credit.com

 

Namun ada beberapa hal mendasar yang perlu diketahui setiap pengguna kartu kredit agar lebih bijak dalam menggunakannya. Jika pengguna tidak melakukannya dengan kontrol yang tepat maka yang ada malah masalah. Nasabah bisa saja malah tenggelam dan terlilit hutang, dan kesulitan mencari cara melunasi hutang kartu kreditnya. Mari simak beberapa poin berikut agar dapat lebih memahami bagaimana cara untuk menggunakan kartu kredit dengan tepat:

 

Ingat bahwa kartu kredit bukanlah uang tunai Anda

Seringkali orang salah kaprah dan menggunakan kartu kredit untuk segala jenis pembayaran. Penggunaan kartu kredit yang tanpa kontrol kerap kali akan membentuk kebiasaan buruk, yakni langsung memiliki barang yang diingini sekarang juga dan membayarnya di bulan depan. Sebisa mungkin gunakan uang tunai yang ada di kantong Anda, karena selain membentuk kebiasaan yang lebih sehat (bebas hutang), juga dapat menghindari Anda dari bunga tambahan yang malah membuat barang yang Anda inginkan lebih mahal. Jika Anda menyukai kartu kredit karena lebih nyaman dan tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak, maka Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan kartu debit. Keduanya memiliki kenyamanan yang sama, namun pembayaran kartu debit membuat Anda tidak harus berhadapan dengan risiko keterlambatan membayar atau bunga tambahan, sebab uang langsung dipotong dari rekening Anda.

 

Gunakan kartu kredit untuk promo saja

Salah satu keuntungan pengguna kartu kredit adalah dengan memiliki kesempatan untuk mendapatkan promo yang menguntungkan. Tidak jarang kita melihat promosi seperti beli 1 gratis 1 seperti di bioskop, atau promosi berupa gratis gelas lebih besar untuk pembayaran gelas kecil di beberapa kedai kopi ternama. Nasabah bisa memanfaatkan hal ini pada waktu-waktu tertentu, misalnya jika membeli elektronik akan ada promosi yang diberikan oleh pihak bank berupa cicilan 0% atau potongan sampai 50% jika pembayaran yang dilakukan menggunakan kartu kredit.  Manfaatkan kartu kredit untuk promosi demikian, bukan tidak mungkin dengan promosi seperti ini Anda malah lebih bisa berhemat, bukan?

 

Pahami bagaimana cara menggunakan kartu kredit dengan aman

Menggunakan kartu kredit memang lebih ringkas dan praktis, selain itu Anda tidak perlu langsung membayar saat itu juga. Namun, ada juga hal lain yang perlu Anda perhatikan jika memiliki kartu kredit. Bank Indonesia memberikan beberapa pedoman mengenai cara menggunakan kartu kredit dengan aman, salah satunya seperti jangan memindah-tangankan kartu kredit Anda ke orang lain, jangan memberi tahu informasi penting seperti: pin kartu kredit, nama gadis ibu kandung, masa berlaku kartu kredit, 3 digit di belakang kartu (kode CVV/CVC), dsb. Pastikan agar penggunaan kartu kredit terkontrol dan tentu saja aman.  Jika Anda memilih untuk menggunakan kartu debit, pastikan juga Anda paham mengenai cara bertransaksi menggunakan kartu debit dengan aman untuk menghindari kejahatan yang dapat merugikan Anda.

 

Pastikan Anda memiliki cukup uang agar tidak terjerat hutang kartu kredit

Pembayaran kartu kredit yang dilakukan di akhir bulan seringkali menggoda orang untuk membeli banyak barang dan memikirkan urusan pembayaran belakangan. Namun, perlu diingat jika Anda tidak memperhatikan saldo yang Anda miliki, bisa-bisa malah Anda tidak tahu bagaimana cara pembayaran kartu kredit dan memiliki hutang yang menumpuk. Hindari pemakaian kartu kredit lebih dari yang dapat Anda bayar di akhir bulan.

 

Pada dasarnya, gunakanlah kartu kredit seperlunya dan sebijak mungkin. Jika memungkinkan, Anda tidak perlu memiliki banyak kartu kredit. Namun jika memang diperlukan, pastikan Anda memiliki pemikiran matang bahwa Anda dapat melunasi hutang kartu kredit secara keseluruhan di akhir bulan, sebab jika terlambat membayar maka bunga akan lebih tinggi, selain itu Anda malah akan mendapat bunga tambahan serta denda yang diberikan oleh bank penerbit. Bukannya malah jadi untung, malah jadi buntung bukan? Nantikan artikel kami berikutnya yang akan membahas mengenai bunga tambahan jika seorang nasabah telat membayar kartu kredit.