Alasan Kenapa Sobat Selalu Dililit Hutang - Part 2

Hi hi sobat semua...lanjutin lagi yuk sharing mengenai kenapa sih sobat selalu dililit hutang?...yang part 1 sampai poin ke berapa ya? ayo sobat kalau memang serius membaca dan mengerti pasti ingat... yup betul part 1 ada 8 poin..berati untuk part 2 kita mulai dari poin ke-9 ya..

sumber illustrasi photo : http://mozaik.inilah.com/

sumber illustrasi photo : http://mozaik.inilah.com/

langsung aja deh disimak...

9. Sobat tidak mengoptimalkan modal yang sobat miliki.

Sobat harus membuat kesempatan uang sobat untuk membuat uang kembali (leverage). Setiap modal yang sobat miliki, tidak peduli seberapa kecil, harus dipergunakan untuk investasi. Jika modal sobat tidak diinvestasikan, maka uang sobat akan kehilangan nilainya karena faktor inflasi.

10. Sobat menikah dengan pasangan yang ’shopping oriented’.

Sobat tidak akan keluar dari lilitan hutang jika sobat menikah dengan seseorang yang selalu membelanjakan uang yang sobat hasilkan. Jadi tolonglah belahan jiwa sobat tersebut untuk bertanggung jawab terhadap keuangan, kecuali jika sobat ingin menjalani hidup lebih berat di masa mendatang.

11. Sobat tidak pernah dibekali pendidikan dasar tentang pengaturan keuangan.

Ilmu keuangan bukan insting yang dibawa sejak lahir. Sobat harus cukup mendapatkan bekal pendidikan tentang pengaturan keuangan, entah itu lewat pendidikan formal atau otodidak. Jika tidak, sobat tidak akan kemana-kemana, tetap dalam lilitan hutang.

12. Sobat memiliki mental ’ingin cepat kaya’.

Hanya 0.01% orang yang memiliki kekayaan secara instan, contohnya warisan orang tua. Sisanya sebesar 99.99%, kekayaan tidak akan datang secara instan. Jadi jika sobat menghabiskan waktu dan uang sobat untuk melakukan skema ’ingin cepat kaya’, yang terjadi justru hutang akan melilit sobat.

13. Sobat memiliki kebiasaan yang buruk.

Mabuk-mabukan dan judi adalah contoh yang sempurna dari sekian banyak kebiasan buruk, dimana sobat memilih untuk menukar kesenangan jangka pendek/sesaat dengan kesengsaraan jangka panjang, yaitu hutang dan ketidaknyamanan.

14. Sobat banyak menyia-nyiakan waktu sobat sendiri.

Mereka mengatakan “waktu adalah uang”, dan saya tambahkan disini waktu lebih berharga dibandingkan uang. Waktu adalah hal terbesar dalam kehidupan. Uang yang hilang, dapat dicari kembali, namun waktu tidak tergantikan. Jadi jika sobat gagal mengatur waktu sobat, maka sudah pasti sobat akan gagal mengatur uang sobat … dan sobat akan gagal juga dalam setiap aspek kehidupan sobat. Jadi fokuskan waktu dan energi sobat pada hal-hal yang penting, lupakan yang lain.

15. Sobat tidak menjaga kesehatan sobat.

Jagalah selalu tubuh dan pikiran sobat tetap sehat! Masalah-masalah kesehatan akan menguras uang sobat dan jika ini berkelanjutan, maka sudah dipastikan sobat akan mengalami masalah keuangan jangka panjang.

Ingatlah selalu bahwa hutang dapat dihindari dan dihilangkan. Hanya membutuhkan sedikit usaha, pendidikan dan determinasi untuk membuat semuanya menjadi mungkin. Seperti telah saya utarakan, hiduplah dengan sederhana. Jangan menggunakan uang untuk mengesankan orang lain. Jangan hidup dengan anggapan bahwa kekayaan selalu diukur dengan materi. Kelola uang sobat dengan bijak sehingga uang tidak mengatur sobat.

sumber : http://www.akuinginsukses.com/