Alasan Kenapa Sobat Selalu Dililit Hutang - Part 1

Halo Sobat semua, di penghujung Ramadhan ini saya mau share sedikit nih tentang apasih alasannya Sobat selalu dililit hutang? sharing ini saya dapatkan juga dari informasi di media sosial.

tapi untuk tulisan kali ini saya bagi 2 part juga ya sobat, kalau kepanjangan nanti bosen lagi bacanya...:D

sumber photo http://www.antarafoto.com

sumber photo http://www.antarafoto.com

Satu-satunya cara agar sobat dapat keluar dari lilitan hutang adalah dengan memahami mengapa sobat berhutang pada saat pertama kali.

Banyak bukti telah menunjukkan bahwa …

Sobat tidak akan dapat menabung meskipun pendapatan / gaji sobat naik. Sobat tidak akan dapat menabung meskipun cicilan mobil sobat telah lunas. Sobat tidak akan dapat menabung meskipun anak-anak sobat telah dapat membiayai hidupnya sendiri. Dan meskipun sobat memiliki uang 1 milyar di tangan sobat saat ini, tetap sobat tidak akan dapat menyisihkan uang 1 sen pun.

Bagaimana ini bisa terjadi?

Sebab, sobat hanya bisa menabung jika menabung menjadi suatu kebiasaan yang emosional. Sobat hanya bisa menabung jika sobat memperlakukan uang sobat secara berbeda.

Jadi inilah beberapa hal mengapa sobat bisa terlilit dengan hutang :

1. Sobat membeli barang-barang yang tidak terlalu sobat butuhkan.

Berhentilah membeli barang-barang menurut kata hati sobat! Jika perlu hindarilah pergi ke mall! Sebab mall adalah sumber hutang pribadi sobat. Tidak ada alasan memanjakan diri sobat dengan membeli barang-barang bermerk yang sebetulnya tidak sobat butuhkan.

2. Sobat menggunakan kartu kredit untuk membeli barang-barang yang sobat tidak mampu membelinya secara tunai.

Jika sobat tidak dapat membeli secara tunai hari ini, jangan membelinya! Sesederhana itu rumusnya.

3. Sobat berpikir bahwa merek produk tertentu mensobatkan status sosial, ’ngetrend’, gaya dsb.

Mobil membawa sobat dari suatu tempat ke tempat yang lain. Dompet adalah tempat menyimpan uang dan surat-surat penting sobat. Kacamata hitam melindungi mata sobat dari sinar matahari. Kaos menjaga sobat tetap hangat. Jika sobat selalu membayar sangat mahal untuk produk-produk tersebut demi status sosial, ‘ngetrend’ atau gaya, dibanding dengan fungsinya itu sendiri, berarti sobat dalam masalah.

4. Sobat membeli mobil baru setiap beberapa tahun.

Lihat poin saya sebelumnya. Mobil berfungsi mengantarkan sobat dari suatu tempat ke tempat yang lain. Jika sobat membeli sebuah mobil baru setiap beberapa tahun meskipun mobil lama sobat masih berfungsi dengan sangat baik, maka sobat sedang berusaha keras untuk mengesankan ‘sesuatu’ yang salah pada orang-orang… dan sobat sendiri sedang dalam proses menuju pada kebangkrutan.

5. Sobat membeli sesuatu yang sebetulnya bisa sobat pinjam atau sewa.

Poinnya adalah jika sobat hanya sesekali menggunakan barang tersebut, kenapa sobat tidak meminjam dari teman sobat atau menyewanya saja? Sebagai contoh, saya hampir saja membeli sebuah tangga lipat yang mungkin saya hanya pergunakan setahun 1-2 kali, padahal saya bisa meminjamnya dari orang tua saya.

6. Sobat membayar harga normal untuk setiap barang/jasa yang sobat beli.

Sobat dapat menghemat sampai 10 juta rupiah setiap tahun jika saja sobat mau menunggu membeli barang/jasa dan berbelanja pada outlet-outlet yang memberikan discount.

7. Sobat memiliki (atau menyewa) rumah lebih besar dari yang sobat butuhkan.

Ketika sobat membeli atau menyewa rumah lebih besar dari yang sobat butuhkan, sobat berarti akan membuang uang untuk membayar biaya bulanan yang lebih mahal, biaya pemeliharaan yang lebih tinggi dan membeli ‘barang-barang’ untuk mengisi ruang yang kosong.

8. Sobat tidak memiliki rencana anggaran.

Apakah sobat berasumsi bahwa jika sobat menunggu dan mencari uang lebih banyak, maka keuangan sobat akan membaik dengan sendirinya? Jika sobat berpikiran seperti itu maka sobat salah besar! Diperlukan pembuatan rencana anggaran yang serius untuk menghilangkan hutang-hutang sobat serta mulai membangun kekayaan. Jadi mulailah membuat rencana anggaran sekarang!

Untuk part 1 ini segini dulu ya...biar sobat semua tidak terlalu jenuh bacanya ya.... gak lama kok untuk part 2 nya... biar bikin penasaran dikit sih...:-)

sumber : http://www.akuinginsukses.com