Tips Memilih Penasihat Hutang

Hutang mungkin bisa terjadi karena kita membutuhkan dana darurat seperti karena kehilangan pekerjaan, untuk biaya pengobatan penyakit, renovasi rumah, pendidikan, modal usaha, hingga alasan yang paling simpel seperti membeli peralatan elektronik.

 

 

Awalnya hutang belum terasa jeratannya, namun setelah surat tagihan hutang datang, barulah kita sadar akan jumlah tagihan yang membengkak. Tentunya kita akan kebingungan dan mulai merasa ketakutan apabila kita tahu bahwa kita belum bisa membayar hutang tersebut. Di saat seperti ini biasanya segala cara akan kita tempuh. Termasuk meminta bantuan dari para penasihat hutang yang kita lihat iklan jasa layanannya melalui internet dan iklan SMS.

 

Mencari bantuan dari penasihat hutang bisa jadi adalah langkah yang tepat untuk permasalahan hutang Anda. Namun satu hal yang harus dicatat apakah memang penasihat hutang yang Anda pilih bisa dipercaya? Apakah mereka memang bisa membantu mengatasi masalah hutang Anda atau justru mereka adalah penipu yang mencoba mengambil keuntungan dari masalah yang Anda hadapi? Untuk hal ini, ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa apakah penasihat hutang Anda dapat dipercaya:

pic source: michaelhyatt.com

pic source: michaelhyatt.com

1. Seorang penasihat yang bisa dipercaya tidak akan menjanjikan Anda bahwa dia dapat melunasi hutang Anda tanpa membayar sepeserpun ke bank. Jika ia menjanjikan demikian, maka ia pasti berbohong karena bank tidak akan 100% menghilangkan hutang Anda. Bank bisa memberikan pengurangan hutang, namun tidak pernah menggratiskan hutang.

2. Seorang penasihat yang bisa dipercaya tidak akan meminta pembayaran (fee) dimuka. Dia akan meminta bayaran (fee) hanya apabila permasalahan utang telah berhasil dinegosiasikan dengan pihak Bank. Kalaupun penasihat meminta fee atau deposit, pastikan bahwa deposit bisa dikembalikan sepenuhnya apabila negosiasi hutang tidak berhasil.

3. Periksa website dan fanpage facebook dari penasihat tersebut. Jika tidak terlihat profesional, penasihat mungkin saja juga tidak profesional. Apabila hanya sedikit jumlah likers-nya di fanpage tersebut, maka Anda harus berpikir ulang untuk menggunakan jasa penasihat hutang tersebut.

4. Periksa nomor telepon yang diberikan oleh penasihat hutang tersebut. Apakah ada hotline gratis yang bisa dihubungi? Apakah staff Customer Care / Operator yang menjawab telepon tersebut ramah dan kompeten saat menjawab telepon Anda. Jika penasihat hanya memberikan nomor ponsel, maka Anda patut curiga karena nomor ponsel bukanlah sesuatu yang bisa dipegang kepastiannya. Dia bisa saja mengganti atau me-nonaktifkan nomor ponsel sesuka hatinya. Apabila penasihat benar adalah seorang penipu, maka akan lebih sulit bagi Anda untuk menemukan penasihat setelah dia telah mengambil uang Anda tanpa memecahkan masalah Anda.

 

5. Periksa apakah penasihat memberikan alamat kantor yang dapat Anda datangi. Jika salah satu poin sebelumnya membuat Anda meragukan kepercayaan dari penasihat, Anda harus bersikeras untuk menemui penasihat hutang tersebut di kantornya. Seorang penasihat yang terpercaya dan profesional tentunya akan memiliki kantor tetap lengkap dengan staf yang ramah dan profesional.


Setelah Anda telah memeriksa semua poin-poin diatas, sekarang barulah Anda memutuskan apakah Anda dapat mempercayai penasihat hutang tersebut untuk membantu Anda mengatasi masalah hutang. Sebagai referensi Anda, salah satu penasihat hutang yang bisa dipercaya adalah amalan.id, karena memiliki profil perusahaan yang jelas, layanan customer care yang profesional, dan tidak akan meminta fee apabila negosiasi dengan pihak bank tidak berhasil.