90 Hari Terbebas dari Hutang Kartu Kredit

Saat ini memiliki kartu kredit sudah dipandang sebagai kebutuhan masyarakat. Berbagai macam manfaat dan keuntungan ditawarkan oleh pihak kartu kredit. Kita pun dituntut untuk menjadi lebih bijak dan pintar dalam menggunakan kartu kredit. Namun tidak sedikit juga mereka yang pada akhirnya mengalami kesulitan dalam melunasi hutang kartu kreditnya.


Jika Anda mengalami hal tersebut Anda, jangan khawatir dan takut. Berikut tips untuk terbebas dari hutang kartu kredit dalam waktu 90 hari:

pic source: neweconomics.net.nz

pic source: neweconomics.net.nz

Minggu ke-1

Tuliskan hutang-hutang yang Anda miliki dan cantumkan batas waktu untuk melunasinya.

Mulai lunasi salah satu hutang yang paling tinggi bunganya, bukan yang paling besar jumlah hutangnya. Gunakan tabungan untuk mengurangi hutang.

 

Anda perlu menyimpan sejumlah uang di dalam tabungan, oleh karena itu, sisakan tabungan sejumlah biaya hidup satu bulan. Anda juga bisa menghubungi pihak penerbit kartu kredit atau datang langsung ke cabang bank terdekat untuk melakukan negosiasi pembayaran, dengan begitu setidaknya Anda tidak perlu membayar bunga hutang yang terus membengkak.

Jika Anda tidak bisa bernegosiasi dengan Bank, carilah lembaga/perusahaan yang dapat membantu dalam bernegosiasi dengan Bank. Salah satu lembaga/perusahaan yang dapat dipercaya dan diandalkan adalah amalan (www.amalan.id).

 

Minggu ke-2

Pada minggu kedua, Anda seharusnya sudah menggunting satu atau dua kartu kredit dan meninggalkan kartu yang tersisa di rumah. Berhentilah menganggap kartu kredit sebagai sumber “uang instan” dan pertimbangkan kembali semua pengeluaran Anda.

 

Minggu ke-3 dan 4

Di tahap ini Anda sudah mulai menyesuaikan diri dengan gaya hidup yang lebih sederhana dan menyadari bahwa sebenarnya hal tersebut tidak seburuk yang Anda bayangkan! Anda bisa mengambil langkah lebih dengan menjual beberapa barang yang Anda miliki untuk membantu melunasi hutang.

 

Minggu ke-5

Jika Anda  menerima penghasilan tambahan (bonus, pekerjaan sampingan, atau THR), tetap ingat target Anda semula, dan gunakan seluruh uang tersebut untuk membayar hutang. Sebaiknya tentukan berapa alokasi penghasilan Anda setiap bulan untuk membayar hutang hingga lunas.

 

Minggu ke-6 hingga 11

Jika satu setengah bulan kemudian Anda merasa bisa berbuat lebih untuk segera melunasi hutang, cobalah untuk mencari pekerjaan tambahan atau bekerja paruh waktu di akhir minggu. Pastikan Anda sudah siap mengorbankan waktu luang Anda, dan mampu menyelesaikan tugas-tugas ekstra tersebut dengan baik tanpa keluhan.


Percayalah, seberat apapun permasalahan yang Anda miliki selalu ada jalan keluarnya. Jangan menyerah pada keadaan. Teruslah berusaha dan mintalah pertolongan jika itu yang Anda butuhkan.