Hal-Hal yang Perlu Dihindari Agar Tidak Tenggelam Dalam Hutang

Banyak orang yang terlilit hutang karena faktor-faktor eksternal yang tidak dapat mereka kontrol, misalnya karena kehilangan pekerjaan, atau karena faktor kemalangan yang mendadak dialami, seperti bencana alam, kebakaran, kecelakaan, terserang penyakit, dan sebagainya.

Namun di luar faktor-faktor eksternal tersebut, sebenarnya ada pula faktor internal dari dalam diri setiap orang yang disadari atau tanpa disadari orang tersebut dapat membuat dirinya tenggelam dalam tumpukkan hutang.

pic source: blog.nsbank.com

pic source: blog.nsbank.com

Berikut merupakan beberapa faktor internal penyebab hutang yang sebenarnya bisa dihindari:

 

1. Suka Membeli Barang yang Tidak Dibutuhkan

Usahakan tidak membiasakan diri untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak Anda perlukan. Anda sebaiknya juga menghindari membeli produk-produk mahal demi status sosial. Ingatlah bahwa barang-barang branded biasanya dibanderol harga mahal hanya untuk meningkatkan gengsi dari orang yang memakainya. Jika Anda cermat saat berbelanja, Anda selalu dapat membeli barang dengan kualitas serupa barang bermerek namun dengan harga jauh lebih murah. Ungkapan populer ‘Gengsi Makan Biaya’ mungkin tepat untuk kasus ini.

 

2. Kurang Memiliki Rencana Anggaran

Apabila Anda sudah terlanjur dililit hutang, segeralah membuat rencana anggaran yang serius untuk menghilangkan hutang-hutang yang Anda miliki. Jika semua hutang sudah lunas, mulailah membangun rencana keuangan jangka panjang Anda, misalnya dengan mengambil program asuransi jiwa, investasi reksa dana, atau investasi dalam bentuk lainnya. Niscaya, di masa depan Anda tidak akan tenggelam kembali dalam hutang dan keamanan finansial masa depan pun lebih terjamin.

 

3. Kurang Mengoptimalkan Modal yang Dimiliki

Setiap modal yang Anda miliki, tidak peduli seberapa kecil, sebaiknya digunakan untuk investasi. Jika modal Anda tidak diinvestasikan, maka uang Anda akan kehilangan nilainya karena faktor inflasi. Mulailah membuka usaha kecil-kecilan, apalagi saat ini peluang usaha bertebaran dimana-mana. Bisa dimulai dengan membuka bisnis online dengan modal relatif kecil ataupun jika memiliki modal dengan jumlah yang lumayan maka semakin banyak peluang bisnis yang bisa Anda jajaki.

 

4. Kurang Menjaga Kesehatan

Semakin mahalnya biaya rumah sakit yang terus meningkat tiap tahun membuat masalah-masalah kesehatan akan menguras uang Anda. Jika ini berkelanjutan, maka sudah dipastikan Anda akan mengalami masalah keuangan jangka panjang. Mulailah untuk menjalani hidup sehat sejak dini, misalnya dengan berhenti merokok, rajin berolahraga, dan berlakukan pola makan yang sehat dan teratur.

Ingatlah bahwa ke-empat faktor di atas merupakan faktor internal dari dalam diri seseorang yang selalu dapat dihindari apabila kita menjaga diri atau dengan mengubah pola hidup kita untuk masa depan yang lebih baik. Mulailah mengelola hidup Anda secara bijak dan pintar agar terhindar dari jerat hutang.


Namun jika Anda sudah terlanjur terlilit hutang dan saat ini kesulitan membayar hutang, Anda bisa ikuti langkah-langkah 90 hari terbebas dari hutang di post SolusiUtang.com sebelumnya atau gunakan bantuan dari perusahaan yang mampu membantu mengatasi permasalahan hutang Anda, seperi amalan.id. Ingatlah selalu bahwa terlilit hutang bukanlah akhir dari segalanya. Tetaplah berpikir positif dan carilah bantuan yang tepat sesuai kebutuhan Anda.